Jumat, 18 April 2014

Evaluasi Hasil Observasi Pendidikan



 Evaluasi Kinerja Kelompok :
Dari keseluruhan dalam membuat observasi, kelompok menemukan beberapa hambatan yang kelompok hadapi dari persiapan observasi sampai dengan observasi selesai. Ada pun hambatan yang terjadi adalah adalah sebagai berikut :
1.      Dikarenakan kelompok memiliki “skema” bahwa observasi itu mudah sehingga kelompok kurang melakukan koordinasi dalam pembagian tugas.
2.      Kelompok terlalu lama meminta izin kepada pihak sekolah sehingga pihak sekolah terlalu lama dalam member izin. sehingga kelompok memutuskan untuk mengobservasi sekolah yang lain.
3.      Ada tiga sekolah yang kelompok datangi, karena kelompok belum memiliki surat izin dari kampus, dua sekolah menolak kami melakukan observasi. Sementara disekolah yang satunya mereka mengizinkan kelompok melakukan observasi tanpa adanya surat izin.
4.      Saat meminta izin dengan sekolah yang ketiga kami mengeneralisasikan sekolah tersebut sama dengan sekolah yang kedua sehingga kami berpikir bahwa sekolah itu tidak mau menerima kami.
5.      Saat kelompok diterima disekolah yang ketiga, kelompok menganggap penerimaan itu sebagai “reward” tersendiri bagi kelompok. Sehingga kelompok lebih bersemangat dalam mengerjakannya.
6.      Penolakan yang didapatkan kelompok melalui beberapa sekolah membuat semangat kelompok menurun. Ini seperti “punishment” dimana konsekuensi yang didapatkan menurunkan probabilitas perilaku.

Evaluasi hasil Observasi
1.      Dari hasil observasi kelompok mengambil kesimpulan bahwa kelompok terlalu focus pada guru dan kurang memperhatikan murid.
Dari hasil observasi kami kurang memperhatikan adanya factor adanya pengalaman pribadi murid sebagai mana dalam teori bronfenbrenner kalau anak di pengaruhi oleh pengalaman pribadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar