Minggu, 06 April 2014

Materi Satu Mata kuliah Pedagogi



Pengertian dan Ruan Lingkup Paedagogi
Seni dan Ilmu Mengajar
Mempelajari dan Mentransformasikan
Mengajar merupakan seni dan ilmu mentransformasikan bahan ajar kepada pesera didik pada suatu situasi dengan menggunakan media tertentu. Ilmu mengajar bisa dipelajari dimanapun dan kapanpun, baik individual, kelompok, maupun bentuk lembaga. Sedangkan seni mengajar hanya terlihat ketika interaksi pembelajar berlangsung.
Hubungan Pikiran
            Pembelajaran adalah seni kerjasama yang membamtu siswa melakukan apa yang dapat dilakukannya sendiri. Siswa belajar banyak hal tanpa guru, tapi kebanyakan siswa yang belajar dengan guru lebih dapat dipastikan. Cara guru memandu dan metode yang digunakannya membuat siswa menjadi lebih mudah dan efektif. Inilah yang dinamakan seni mengajar. Pembelajaran selalu melibatkan hubungan atau antara pikiran seseorang atau sekelompok orang lainnya. Guru tidak sama dengan buku yang dapat bicara. Tapi, guru langsung masuk kedalam dialog dengan siswanya. Dialog ini bukan hanya berbicara dengan murid, melainkan apa yang diajarkan ditularkan secara tidak sadar dalam pertukaran kepribadian pribadi antara guru dan murid. Hubungan ini diebut hubungan dua arah. Guru member dan siswa menerima. Guru berperan dalam mendorong dan membangkitkan gairah siswa untuk membangun jembatan antara apa yang mereka ketahui dan dapat dilakukan.
 Berikut adalah cirri-ciri guru yang disenangi oleh siswanya:
1.      Mengetahui nama-nama siswa dan memanggil mereka dengan namanya
2.      Menerima salam dari rekan dan siswanya secara menyenangkan
3.      Memainkan peran yang berbeda pada suasana dan kepentingan yang berbeda
4.      Mengingat sesuatu yang sebelumnya dikhawatirkan oleh siswa dan menanyakan tentang hal itu kepada siswanya sebelum keluhan mereka muncul
5.      Menolak tindakan sarkastik jika melucu atau berkelakar kepada rekan dan siswanya
6.      Tidak pernah membiarkan ucapan siswa ataupun rekannya yang mengarah pada penghinaan atau membuat lelucon yang berbau etnis dan seks secara menyakitkan
7.      Teliti mengikuti ditum yang secara universal cenderung disepakati oleh semua orang, “jika tidak dapat mengatakan hal baik tentang seseorang jangan mengatakan apa-apa.
8.      Menceritakan kebenaran yang sebenarnya pada siswa dan rekan, dengan mempertimbangkan dimensi dan situasi.


Perbedaan Andragogi dan Pedagogi
            Perbedaan Andragogi dan Pedagogi menurut Malcolm S. Knowles :
Andargogi
Pedagogi
Pembelajar disebut peseta didik atau warga belajar
Pembelajar disebut siswa
Gaya belajar independen
Gaya belajar dependen
Tujuan fleksibel
Tujuan ditentukan sebelumnya
Diasumsiakn peserta didik memiliki pengalaman untuk berkontribusi
Diasumsiakn bahwa siswa tidak berpengalaman atau kurang informasi
Menggunakan metode pelatihan aktif
Menggunakan metode pelatihan pasif
Pembelajar mempengaruhi waku dan kecepatan
Guru mengontrol waktu dan kecepatan
Keterlibatan atau kontribusi peserta sangat penting
Peserta berkontribusi sedikit
Belajar berpusat pada masalah kehidupan nyata
Belajar berpusat pada isi atau teoritis
Peserta dianggap sebagai sumberdaya utama untuk ide-ide contoh
Guru sebagai sumber daya utama yang memberikan ide-ide dan contoh

Revolusi berpikir
            .Roger (1969) menggemukakan bahwa orang ingin belajar dan memiliki kecenderungan alami untuk melakukannya sepanjang hidup mereka. Bahkan roger berpendapat kuat bahwa pembelajaran yang berpusat pada guru telah lama berlangsung. Dia menekankan pembelajaran berdasarkan pendekatan yang berpusat pada siswa dengan lima hipotesis kunci.
a.       Guru tidak dapat mengajari orang secara langsung mereka hanya dapat memfasilitasi.
b.      Orang-orang belajar secara signifikan hanya untuk hal-hal yang mereka anggap melibatkan pemeliharaan atau peningkatan struktur diri.
c.       Pengalaman yang bila diasimilasiakn akan melibatkan perubahan dalam organisasi dirr cenderung dilawan melalui penolakan atau distorsi simbolisasi
d.      Pengalaman yang dianggap tidak konsiten dengan diri sendiri hanya dapat diasimilasikan apabila oraganisasi diri saat ini dalam suasana santai dan dengan cakupan yang diperluas.
e.       Sistem pendidikan yang paling efektif meningkatkan  hasil belajar secara signifikan adalah salah satu yang mengancam diri, karena belajar direduksi untuk mencapai tujuan yang minimum.
Dari pedagogi dan Andragogi ke Heutagogi
Oval: Heutagogi : Baik anak-anak ataupun orang dewasa apakah benar-benar belajar?Oval: Pedagogi : Pengajaran untuk anak-anakOval: Andragogi : Pengajaran untuk orang dewasa            Dibidang pendidikan heutagogi, konsep yang pertama kali diciptakan oleh Stewart dari , Southern Cross University, merupakan studi tentang belajar yang ditentukan oleh diri pembelajar sendiri. Gagasan ini adalah perluasan dari andragogi, dan mungkin pembedaan itu merupakan kesalahan yang sama ketika orang secara kasat mata berusaha membedakan antara andragogi dan pedagogi. Namun, ada beberapa perbedaan antara dua yang menandai salah satu dari yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar